Diberdayakan oleh Blogger.

PELAPISAN SOSIAL DAN KESAMAAN DERAJAT

Diposting oleh Unknown Senin, 31 Desember 2012


PELAPISAN MASYARAKAT
Pengertian
            Istilah stratifikasi berasal dari kata STRATA atau STRATUM yang berarti LAPISAN. Karena itu social stratification sering diterjemahkan dengan pelapisan masyarakat. Sejumlah individu yang mempunyai kedudukan (status) yang sama menurut ukuran masyarakatnya. Dikatakan berada dalam suatu lapisan atau stratum.
Pelapisan Sosial Ciri Tetap Kelompok Sosial
            Didalam organisasi masyarakat primitive pun di mana belum mengenai tulisan. Pelapisan masyarakat itu sudah ada. Hal ini terwujud berbagai bentuk sebagai berikut :
1.      Adanya kelompok berdasarkan jenis kelamin dan umur dengan pembedaan-pembedaan hak dan kewajiban
2.      Adanya kelompok-kelompok pemimpin suku yang berpengaruh dan memiliki hak hak istimewa.
3.      Adanya pemimpin yang saling berpengaruh
4.      Adanya orang-orang yang dikecilkan di luar kasta dan orang yang diluar perlindungan hukum
5.      Adanya pembangian kerja di dalam suku itu sendiri
6.      Adanya pembedaan standar ekonomi dan didalam ketidaksamaan ekonomi itu secara umum.
Terjadinya Pelapisan Sosial
-         Terjadi dengan sendirinya
Proses ini berjalan sesuai dengan pertumbuhan masyarakat itu sendiri. Adapun orang orang yang menduduki lapisan tertentu dibentuk bukan berdasarkan atas kesenjangan yang disusun sebelumnya oleh masyarakat itu. Tetapi berjalan secara alamiah dengan sendirinya.
-         Terjadi dengan disengaja
System pelapisan yang disusun dengan sengaja ditujukan untuk mengajar tujuan bersama. Didalam system pelapisan ini ditentukan secara jelas dan tegas adanya wewenang dan kekuasaan yang diberikan kepada seseorang. Dengan adanya pembagian yang jelas dalam hal wewenang dan kekuasaan ini maka didalam organisasi itu terdapat keteraturan sehingga jelas bagi setiap orang di tempat mana letaknya kekuasaan dan wewenang yang dimiliki dan dalam suatu organisasi baik secara vertical maupun secara horizontal.
Pembagian Sistem Pelapisan Menurut Sifatnya
-         System pelapisan masyarakat yang tertutup
Didalam system ini permidahaan anggota masyarakat ke lapisan yang lain baik ke atas maupun ke bawah tidak mungkin terjadi. Kecuali ada hal hal yang istimewa. Di dalam system yang demikian itu satu satunya jalan untuk dapat masuk menjadi anggota dari suatu lapisan dalam masyarakat adalah karena kelahiran.
-         System Pelapisan Masyarakat yang Terbuka
`Didalam system yang demikian ini setiap anggota masyarakat memiliki kesempatan untuk jatuh ke lapisan yang ada di bawahnya atau naik ke lapisan yang di atasnya.
Beberapa Teori Tentang Pelapisan Sosial
-         Aristoteles
-         Prof. Dr. Selo Sumardjan dan Soelaiman Soemardi SH. MA
-         Vilfredo Pareto
-         Gaotano Mosoa
-         Karl Marx
Kesamaan Derajat
-         Persamaan Hak
Setiap individu mempunyai latar belakang yang berbeda, hal tersebut secara alamiah membentuk kelompok-kelompok dalam masyarakat. di negara Indonesia persamaan hak dan derajat masing-masing orang adalah sama , seperti tercantum dalam pasal 27 ayat 2 “Hak setiap warga negara atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan” hal ini menegaskan bahwa setiap orang mempunyai kesempatan yang sama untuk membangun kehidupannya masing-masing menjadi lebih baik. setiap manusia dimuka bumi ini memiliki hak yang sama yang telah di anugrahkan tuhan yang maha esa, hal ini tidak bisa dipungkiri. kita sama di mata tuhan, namun hal ini jarang terjadi pada era sekarang. hak asasi tidak lagi diperhatikan, yang kuat akan menindas yang lemah, padahal kedamaian didunia akan terjadi apabila setiap manusia memperhatikan atas persamaan hak manusia tersebut. untuk kepentingan pribadi ia rela menjatuhkan sesama manusia demi keinginannya tercapai, comtohnya hak atas hukum, hak atas gander, hak atas mencari nafkah dan sebagainya. indahnya jika yang kaya membantu simiskin, yang kuat membantuh yang lemah, sehingga terjadilah kedamaian, dan tenggang rasa. jika kita liat pada saat ini, seorang miskin yang ingin berobat kerumah sakit, dibandingkan dengan seorang kaya yang sedang berobat. pasti pelayanan yang diberikan sangat berbeda. ini dikarenakan sikaya memiliki financial yang lebih baik dari simiskin. simiskin bisa-bisa tidak dilayanin, ini merupakan berbedah hak yang sangat jelas dalam kehidupan sekarang. Namun, kenyataan kesempatan itu tidak dimiliki menyeluruh oleh masyarakat di indonesia, dalam berbagai aspek misalnya : Lapangan Pekerjaan, Pendidikan, Tempat tinggal yang layak, masih banyak yang belum diproleh oleh masyarakat banyak di indonesia.
-         Persamaan Derajat di Indonesia
persamaan harka atau derajat adalah persamaan nilai, harga, taraf yang membedakan makhluk yang yang lain. Harkat manusia adalah nilai manusia sebagai makhluk tuhan yang dibekali cipta, Rasa, Karsa dan hak-hak serta kewajiban asasi manusia, Martabat adalah tingkatan harkat kemanusiaan dan kedudukan yang terhormat. Sedangkan derajat kemanusiaan adalah tingkatan, martabat dan kedudukan manusia sebagai makhluk tuhan yang memiliki kemampuan kodrat hat dan kewajiban kemanusiaan.
Beberapa Hak Asasi Manusia

> Hak Mengeluarkan Pendapat

> Hak Untuk Mengembangkan Diri

> Hak Atas Nama Aman

> Hak Keadilan

> Hak Anak

> Hak Wanita

> Hak Berkeluarga
Elite dan Massa
-         Elite
Dalam pengertian umum elite menunjukkan sekelompok orang yang dalam masyarakat menempati kedudukan tinggi. Dalam arti lebih khusus lagi elite adalah sekelompok orang terkemuka di bidang-bidang tertentu dan khususnya golongan  kecil yang memegang kekuasaan.
Dalam cara pemakaiannya yang lebih umum elite dimaksudkan : “ posisi di dalam masyarakat di puncak struktur struktur sosial yang terpenting, yaitu posisi tinggi di dalam ekonomi, pemerintahan, aparat kemiliteran, politik, agama, pengajaran, dan pekerjaan-pekerjaan dinas.” Tipe masyarakat dan sifat kebudayaan sangat menentukan watak elite. Dalam masyarakat industri watak elitnya berbeda sama sekali dengan elite di dalam masyarakat primitive.
-         Massa
Istilah massa dipergunakan untuk menunjukkan suatu pengelompokkan kolektif lain yang elementer dan spotnan, yang dalam beberapa hal menyerupai crowd, tetapi yang secara fundamental berbeda dengannyadalam hal-hal yang lain. Massa diwakili oleh orang-orang yang berperanserta dalam perilaku missal seperti mereka yang terbangkitkan minatnya oeleh beberap peristiwa nasional, mereka yang menyebar di berbagai tempat, mereka yang tertarik pada suatu peristiwa pembunuhan sebgai dibertakan dalam pers atau mereka yang berperanserta dalam suatu migrasi dalam arti luas. Ciri – ciri massa adalah :
  • Keanggotaannya berasal dari semua lapisan masyarakat atau strata sosial, meliputi orang-orang dari berbagai posisi kelas yang berbeda, dari jabatan kecakapan, tignkat kemakmuran atau kebudayaan yang berbeda-beda. Orang bisa mengenali mereka sebagai masa misalnya orang-orang yang sedang mengikuti peradilan tentang pembunuhan misalnya malalui pers
  • Massa merupakan kelompok yagn anonym, atau lebih tepat, tersusun dari individu-individu yang anonym
  • Sedikit interaksi atau bertukar pengalaman antar anggota-anggotanya

Daftar Pustaka
Ebook MKDU ISD

0 komentar

Posting Komentar